Cara Agar Website Tidak Bisa di Copy Paste

Cara Agar Website Tidak Bisa di Copy Paste – Setiap blogger tentu saja tidak ingin postingannya di copy paste oleh banyak orang. Semua orang juga tidak akan menyukai jika postingan mereka diambil tanpa izin pemiliknya. Bisa anda bayangkan, bahwa anda sudah menulis selama berjam-jam dan hasil karya anda sendiri diambil oleh orang lain tanpa sepengetahuan anda.

Tentu saja sangat menjengkelkan. Apabila anda marah, tentu saja hal itu sangat wajar. Sebab tindakan mengcopy-paste dapat merugikan website anda dalam performa SEO dan reputasi website anda menjadi jatuh. Dan membuat hasil kerja keras anda menjadi berantakan karena masalah tersebut.

Hal ini menjadi masalah wajib yang harus anda hindari, agar tidak terjadi hal buruk pada website anda kedepannya. Oleh karena itu, anda membutuhkan pencegahan supaya blog tidak dapat di copy paste oleh sembarang orang yang tidak bertanggungjawab.

Maka dari itu kami sangat tertarik untuk membahas masalah ini supaya dapat membantu anda semua yang ingin melindungi website dari para plagiarism konten. Sekaligus anda harus mengetahui efek negatif pada website jika postingan blog di copy-paste.

Dampak Negatif Postingan Blog Dicopy Paste

1. Jumlah Pengunjung Web Menurun

Jika suatu blog tidak masuk pada halaman pertama hasil pencarian google. Dan bahkan google juga menemukan adanya plagiat dari blog tersebut, maka dampak pertama yang akan terjadi yaitu menurunnya jumlah pengunjung atau pembaca pada blog anda. Sebagai blogger, tentu saja anda tidak ingin blog mengalami penurunan traffik sebab dapat merugikan blog tersebut.

2. Web Susah Indeks

Salah satu persyaratan yang mutlak pada mesin pencari seperti halnya google agar suatu website dapat menempati posisi pertama dan di halaman pertama yaitu adanya konten yang original dan 100% unik. Maka dari itu, jika sampai konten anda di duplikat oleh orang lain segeralah melaporkannya. Karena jika anda biarkan begitu saja akan memberikan dampak buruk pada blog anda, dan usaha anda untuk meningkatkan traffic akan sia-sia saja.

3. Terdeteksi Plagiat Oleh Google

Sekarang ini mungkin banyak pertanyaan, mengapa google tidak menampilkan unggahan yang telah di copy pada halaman pertama? Hal tersebut dikarenakan google akan mendeteksi konten yang ada di blog tersebut sebagai plagiat.

Karena cara kerja google yaitu melakukan perayapan menggunakan web crawler. Dan jika sampai google menemukan adanya kesamaan satu unggahan pada dua blog yang berbeda, maka google akan melakukan deteksi salah satu dari keduanya sebagai plagiat.

Cara Agar Website Anti Copas

1. Menggunakan Plugin

Cara yang dapat anda lakukan untuk blog agar tidak dapat di copy paste yaitu menggunakan bantuan plugin. Dan itulah salah satu kelebihan wordpress, dimana anda dapat mengatasi setiap masalah dengan mudah hanya menggunakan sebuah tools yang user friendly. Cara tersebut cocok untuk anda yang tidak familiar dengan kode CSS.

Selain dapat melindungi konten yang anti duplikat, juga dapat menjaga gambar pada halaman konten anda tidak dapat terunduh dan digunakan secara sembarangan. Sangat bagus sekali bukan? Baiklah langsung saja ke cara penerapannya dengan menggunakan plugin tersebut :

  • Langkah pertama, anda harus melakukan instalasi plugin WP Content Copy Protection, penginstalannya juga sangat mudah yaitu dengan cara klik menu plugin > add new.
  • Langkah kedua, mencari plugin WP Content Copy Protection pada kolom pencarian dan instal dengan klik tombol install now.
  • Langkah ketiga, lakukanlah aktivasi plugin tersebut dengan cara klik pada tombol activate.

Selesai, jika sudah melakukan aktivasi plugin maka plugin akan mulai bekerja secara otomatis dan saat itu juga postingan blog anda sudah tidak dapat di copy paste orang lain. Perlu anda ketahui juga, cara agar blog tidak dapat di copy paste meskipun menggunakan kode CSS ataupun plugin hanya dapat digunakan pada postingan yang bersifat dinamis.

2. Menggunakan Kode CSS

Cara agar postingan tidak dapat di copy paste yaitu dengan menambahkan kode CSS secara khusus pada wordpress. Lantas bagaimanakah caranya? Berikut cara menambahkan kode CSS pada wordpress dengan mudah :

  • Anda harus login terlebih dahulu pada halaman admin atau dashboard wordpress anda.
  • Kemudian klik menu appearance > customize.
  • Pada halaman penyesuaian carilah menu additional CSS dan klik menu tersebut.
  • Setelah itu salin dan tempel kode dibawah ini dalam kontak Additional CSS tersebut.

( webkit-touch-callout: none; /* iOS Safari */

webkit-user-select: none; /* Safari */

khtml-user-select: none; /* Konqueror HTML */

moz-user-select: none; /* Old versions of Firefox */

ms-user-select: none; /* Internet Explorer/Edge */

user-select: none; /* Non-prefixed version, currently supported by Chrome, Opera and Firefox */ ).

  • Jika sudah ditambahkan, klik pada tombol publish untuk melakukan penyimpanan sekaligus mempublikasikan perubahan. Selesai, sekarang anda dapat mencoba menyalin beberapa teks pada blog anda. Apabila langkah diatas anda lakukan dengan benar, maka teks konten anda tidak dapat disalin oleh siapapun.

Akhir Kata

Nah, itulah pembahasan mengenai cara agar website tidak dapat di copypaste. Sangat mudah sekali sebenarnya untuk menjaga keamanan website anda. Hanya melakukan beberapa tutorial diatas, keamanan blog anda dari duplikat akan tetap terjaga. Bahkan bukan hanya teksnya saja, melainkan gambar yang berada di halaman website tidak dapat di unduh dan digunakan secara sembarangan.

Order Sekarang !