Cara Mengatasi Website Yang Down Agar Bisa Diakses Lagi

Cara Mengatasi Website Down – Sebagai blogger anda harus mengerti apa saja permasalahan yang menganggu kelancaran website anda. Seperti kendala server website yang down. Hal seperti ini memang menjadi permasalahan serius dan harus segera diatasi. Jika website anda sedang mengalami down, anda harus mencari akar penyebabnya.

Tujuannya supaya segera diperbaiki dan kepuasan pengunjung blog anda tetap terjaga. Cara mengatasi server down memang menjadi suatu hal penting yang harus anda ketahui. Karena menyangkut kelangsungan suatu bisnis. Lantas mengapa demikian? Pada era digital seperti saat ini, website mempunyai peran yang sangat penting untuk mendukung bisnis tertentu agar mendapatkan pelanggan.

Sebab banyak orang yang melakukan website checking sebelum membeli suatu produk tersebut. Disaat website atau server yang anda gunakan sedang down, tentu saja akan sangat berpengaruh pada calon pelanggan dalam melakukan pembelian suatu produk yang anda jual.

Untuk mengatasinya sebenarnya cukup mudah, tapi sebelum itu anda harus mengetahui penyebab website down. Disini kami akan membahas bagaimana cara mengatasi website down, simak ulasannya di bawah ini.

Cara Mengatasi Website Tidak Bisa Dibuka

1. Menghubungi Penyedia Hosting

Jika sudah melakukan pengecekan terhadap website, tetapi tidak ditemukan kendala apapun. Langsung saja anda menghubungi pihak layanan hosting untuk menanyakan terkait server website anda down tersebut.

Kemungkinan ini semua terjadi karena server sedang dalam masa perbaikan atau memang kualitasnya yang kurang baik, sehingga server website anda sering mengalami down.

2. Membersihkan Cache Browser

Cache browser merupakan suatu data sementara yang disimpan pada browser. Terkadang cache browser bisa menjadi kendala suatu website tidak dapat di akses. Maka dari itu, anda perlu melakukan penghapusan pada cache browser, agar tidak menyebabkan server website anda mengalami down.

3. Periksa Koneksi Internet

Adanya koneksi internet yang kurang stabil atau memang bermasalah, membuat anda tidak dapat mengakses suatu situs website tersebut. Oleh sebab itu anda jangan langsung menyimpulkan bahwa server website anda sedang down. Pastikan koneksi internet yang anda gunakan telah lancar dan tanpa kendala.

4. Memeriksa Status Website

Ketika anda menemukan suatu situs website yang sulit diakses, jangan dulu memastikan bahwa server mengalami down. Pastikan dulu statusnya dengan melakukan pengecekan menggunakan tools yang sudah kami jelaskan diatas. Bahkan anda juga bisa menanyakan langsung status website pada customer service melalui media sosial perusahaan yang terkait.

5. Bersihkan Cache DNS

Selain membersihkan cache pada browser, operating system laptop atau PC juga dapat menyimpan cache DNS yang merupakan suatu cache koneksi. Sama halnya dengan cache browser, bahkan cache DNS juga dapat menjadi kendala suatu website tidak dapat diakses atau bahkan ditemukan. Jadi, anda jangan lupa untuk selalu membersihkan cache DNS pada website.

Akhir Kata

Demikian penjelasan tentang cara mengatasi website down. Sebenarnya sangat mudah untuk mengatasinya jika anda mengetahui penyebabnya terlebih dahulu. Maka dari itu, sebelum memperbaiki masalah atau gangguan pada website. Anda harus mempelajari atau melakukan pengecekan pada situs website anda.

Order Sekarang !