Cara Mengatasi Website yang Tidak Bisa di Copy

Cara Mengatasi Website Tidak Bisa di Copy – Setiap artikel yang terpublish di internet, kebanyakan bisa di copy-paste. Informasi yang dibagikan melalui internet pada sebuah website memang bertujuan untuk memberikan ilmu atau seputar tips pada pengunjung website tersebut.

Apalagi website yang tujuannya untuk pendidikan, kemungkinan banyak menyajikan atau menyuguhkan tentang mata pelajaran. Dengan begitu terkadang banyak pelajar yang melakukan copy-paste untuk makalahnya.

Lantas, bagaimana jika suatu website yang anda kunjungi tidak dapat di copy-paste karena pemilik websitenya memproteksi dan memasangkan script khusus untuk mencegah teks pada website dapat di salin oleh orang lain. Padahal bagi para pengunjung webstie, hal tersebut sangatlah merepotkan.

Terlebih saat anda sangat membutuhkan salah satu bagian dari teks tersebut untuk kebutuhan tugas atau suatu pekerjaan. Apalagi jika anda telah mencari teks yang sama di website lain tetapi konten pada website yang terkunci tersebut sangat sesuai dengan kebutuhan anda. Tentu hal ini sangat menjengkelkan.

Oleh karena itulah anda memerlukan cara khusus agar bisa melakukan copy-paste teks di website tersebut. Cara melakukannya sebenarnya sangat mudah, apalagi dapat anda lakukan tanpa menggunakan tools atau aplikasi bantuan lainnya. Inilah cara yang dapat anda lakukan untuk mengcopy-paste konten website yang tidak dapat di copy dengan mudah.

Cara Mengatasi Website Tida Bisa di Copy Paste

1. Mencoba akses konten melalui halaman AMP

AMP atau Accelerated Mobile Pages adalah salah satu versi halaman website yang lebih ringan karena sudah terdapat beberapa elemen yang dihilangkan, termasuk di dalamnya terdapat javascript hingga adanya fitur copy-paste juga dihilangkan pada halaman AMP tersebut.

Halaman AMP itu sendiri merupakan sebuah fitur dari google yang sering digunakan untuk melakukan akomodir loading web ketika diakses menggunakan jaringan seluler. Accelerated Mobile Pages tersebut bisa anda akses melalui browser mobile ataupun desktop.

Bahkan cara melakukannya pun sangatlah mudah, anda hanya memerlukan trik khusus dengan menambahkan slug atau parameter “amp” di akhir URL website yang ingin anda copy kontennya.

2. Mematikan javascript

Cara kedua yang bisa anda lakukan untuk bisa mencopy sebuah konten di website yaitu dengan cara mematikan javascript. Jika anda mematikan javascript pada browser, maka saat itu juga script akan dimatikan. Termasuk juga di dalamnya script digunakan untuk memproteksi teks pada website.

Berikut langkah-langkah untuk melakukannya pada browser crome :

  1. Silakan anda akses alamat (crome chrome://settings/content/javascript) menggunakan google crome.
  2. Setelah itu anda akan di bawa masuk pada menu javascript. Dan pada bagian inilah silakan anda matikan javascript dengan cara klik pada opsi “jangan izinkan situs menggunakan javascript”.
  3. Jika sudah, silakan refresh browser anda. Lalu bukalah Kembali website yang tadinya di proteksi.
  4. Biasanya dengan begini anda sudah bisa melakukan copy-paste pada konten website tersebut.

3. Menggunakan Ekstensi Absolute Enable Right Click & Copy

Inilah cara yang paling mudah, karena anda hanya perlu menambahkan ekstensi yang telah disediakan. Ekstensi tersebut bernama absolute enable right click & copy, yang bisa digunakan untuk memilih teks, melakukan akses klik kanan pada website dan melakukan copy-paste teks atau gambar pada suatu website yang dikunci.

Dilihat dari segi ukuran, ekstensi tersebut terbilang sangat kecil hanyalah sekitar 22KB dan pastinya sudah aman serta terbebas dari malware ataupun adware yang sering menganggu. Bahkan ekstensi tersebut bisa anda gunakan pada google crome ataupun pada mozila firefox. Untuk pengguna google crome, berikut langkah-langkah penggunaanya :

  1. Anda harus mendowload terlebih dahulu ekstensi absolute enable right click & copy melalui link (https://chrome.google.com/webstore/detail/absolute-enable-right-cli/jdocbkpgdakpekjlhemmfcncgdjeiika).
  2. Jika anda sudah masuk pada halaman download tersebut, maka selanjutnya anda akan menemukan ekstensi tersebut.
  3. Silakan anda baca-baca terlebih dahulu perihal ekstensi tersebut jika diperlukan.
  4. Ingin langsung menginstalnya, silakan klik opsi tambah ke crome.
  5. Kemudian akan muncul teks dialog, lalu klik saja add extension.
  6. Ekstensi akan secara otomatis ditambahkan ke crome, dan tunggu hingga selesai.

Sedangkan untuk pengguna mozila firefox, cara dan langkah-langkahnya sama seperti penjelasan kami diatas. Jadi, anda tinggal mengikuti langkah-langkahnya saja. Sangat mudah dan simpel sekali.

4. Melalui Inspect Elemen

Jika masih belum berhasil dengan cara diatas, kemungkinan anda bisa menggunakan metode yang paling ampuh berikut ini. Anda dapat melakukan copy-paste pada website konten dengan melalui inspect elemen. Tools yang satu ini sudah disediakan pada kebanyakan browser termasuk mozilla dan crome. Berikut cara menggunakan inspect elemen :

  1. Bukalah website yang telah di proteksi dan ingin anda copy konten di dalamnya
  2. Setelah itu, klik kanan pada teks yang ingin anda salin. Kemudian pilihlah opsi inspeksi.
  3. Jika ingin lebih mudah, tekan saja tombol kombinasi ctrl + shift + L
  4. Apabila sudah, tampilan pada browser akan mulai berubah dan akan muncul teks yang berisi kode HTML serta teks konten yang anda inspeksi
  5. Setelah itu, pada bagian tersebut anda bisa memilih teks yang ingin disalin. Lalu klik kanan pada paragraf klik copy> copy element.

Cobalah menggunakan cara tersebut, karena sudah pasti 100% berhasil. Namun, kekurangan dari metode tersebut yaitu anda harus memilah antara kode HTML dan konten teks yang ingin anda salin. Karena biasanya hal ini memang cukup membingungkan untuk pengguna non developer.

5. Mengcopy Melalui Halaman Dialog Print

Pada umumnya kebanyakan browser telah menyediakan fitur berupa perintah untuk mencetak suatu halaman website dengan cepat dan instan. Halaman tersebut juga hanya murni berupa gambar dan teks. Jadi, dengan begitu anda dapat mengcopy konten pada website tersebut melalui preview dialog print tersebut.

Langkah-langkah untuk melakukannya :

  1. Bukalah halaman website tujuan, kemudian tekan tombol kombinasi ctrl+p pada halaman situs web.
  2. Kemudian akan muncul halaman preview dari konten website tersebut.
  3. Pada bagian itu, silakan anda copy teks atau gambar yang memang dibutuhkan.
  4. Selanjutnya tinggal anda paste pada tempat yang anda inginkan.
  5. Jika sudah, lalu klik cancel untuk menutup halaman preview.

Pada dialog print tersebut juga terdapat fitur untuk menyimpan konten website dalam bentuk dokumen. Sehingga anda bisa mengaksesnya kapan pun secara offline.

Akhir Kata

Begitulah cara mengatasi website yang tidak bisa di copy. Caranya memang sangat mudah sekali, tergantung anda mau menggunakan cara seperti apa. Dari beberapa tutorial diatas, anda bisa menggunakan crome ataupun mozilla. Cara yang kami bagikan diatas, tentu saja sangat worth it untuk anda coba dan bahkan bisa anda praktekkan pada browser mobile atau dekstop.

Order Sekarang !