Cara Riset Keyword Website, Mudah dan Akurat

Cara Riset Keyword Website – Ketika anda sedang mencari cara menulis artikel SEO tentunya akan di singgung untuk melakukan riset keyword. Sebab hal ini merupakan cara yang paling penting sebelum menuliskan artikel untuk blog atau website. Riset keyword tersebut sangatlah berfungsi untuk menentukan kata kunci yang paling cocok digunakan pada blog ataupun website anda.

Dengan memilih kata kunci yang tepat sangat penting karena dapat mempengaruhi kualitas website atau blog anda di mesin pencarian. Setiap penulis website maupun blog harusnya mengetahui apa saja yang di cari banyak orang pada mesin pencari supaya menemukan kata kunci yang tepat untuk blog atau websitenya.

Selanjutnya, jika anda sudah mendapatkan sebuah kata kunci yang menarik atau popular dan berkaitan dengan blog anda. Pastikan anda mengetahui persaingan kata kunci tersebut. Berapa tingkat kesulitan untuk berada di urutan paling utama hasil mesin pencarian google Lalu, bagaimana cara riset keyword website yang tepat agar artikel berada di posisi pertama?

Cara Melakukan Riset Keyword Website Dengan Benar

Pada umumnya saat melakukan riset keyword ada empat komponen yang harus anda perhatikan yaitu search volume, keyword suggestion, keyword difficulty, dan SERP, berikut penjelasannya.

1. Search Engine Result Page (SERP)

SERP merupakan sebuah laman-laman yang telah menduduki peringkat paling atas dalam hasil pencarian keyword yang anda riset. Fungsinya yaitu untuk melihat seperti apakah kualitas laman-laman yang dapat menduduki peringkat teratas dalam mesin pencarian google.

2. Keyword Suggestion

Keyword suggestion merupakan suatu saran kata kunci yang berkaitan dengan kata kunci yang dicari. Contohnya, apabila anda melakukan riset kata kunci keyword untuk kata kunci ‘membuat blog’. Keyword tool akan memberikan saran kata kunci seperti “cara membuat blog”, “membuat blog gratis”, “mudah membuat blog” atau masih banyak lagi.

Umumnya layanan pada keyword tool akan memberikan saran long tail keyword. Apa yang dimaksud long tail keyword? Long tail keyword adalah kata kunci yang mengandung tiga kata atau lebih semacam contoh yang sudah disebutkan sebelumnya.

Melalui suatu fitur keyword suggestion tersebut. Nantinya anda akan mendapatkan lebih banyak long tail keyword yang memang cocok untuk blog atau website anda. Menggunakan long tail keyword bertujuan untuk dapat menarik lebih banyak pengunjung, karena 70% pencarian di google terdiri dari long tail keyword.

3. Keyword Difficulty

Keyword difficulty merupakan suatu tingkatan kesulitan keyword untuk berada di halaman pertama hasil pencarian. Pada umumnya, keyword tool juga menggunakan skala 0-100. Jika angkanya semakin besar, maka akan semakin sulit untuk mendapatkan posisi pertama pada hasil pencarian.

Biasanya keyword difficulty juga akan memperlihatkan beberapa backlink yang memang dibutuhkan agar sebuah artikel dapat berada di halaman pertama hasil pencarian. Semakin tinggi keyword difficulty, maka semakin banyak keyword yang dibutuhkan. Sehingga hal tersebut dapat menyulitkan anda menjalankan praktik link building.

4. Search Volume

Search volume atau volume pencarian kata kunci adalah berapa banyak kata kunci yang di cari di Google dalam kurun waktu tertentu. Biasanya keyword tool akan menampilkan banyak sekali pencarian keyword dalam satu bulan terakhir. Misalnya, search volume sebuah kata kunci yang menunjukkan angka 100.000 yang artinya keyword tersebut dicari sebanyak 100.000 kali pada google dalam kurun waktu satu bulan.

Akhir Kata

Demikianlah artikel tentang cara riset keyword untuk website atau blog. Temukanlah keyword yang paling tepat untuk website dan blog anda untuk meningkatkan peringkat pada website tersebut di hasil pencarian google. Karena kesalahan keyword juga dapat mempengaruhi popularitas pada website anda. Sekian, terima kasih.

Order Sekarang !