Ketahui Jenis-Jenis Web Hosting dan Perbedaannya

Jenis-Jenis Web Hosting – Para blogger baik pemula ataupun senior, pastinya sudah mengenal dan tidak asing lagi dengan web hosting. Hosting telah menyediakan teknologi dan resource yang sangat di perlukan oleh agar website anda bisa online dengan aman dan efektif.

Tugas web hosting itu sendiri adalah menjalankan dan mengelola server, mengamankan website dan selalu memastikan bahwa data seperti foto, teks, dan file lainnya bisa diakses pengunjung melalui web browser.

Semua situs web yang ada di seluruh dunia pasti memiliki host web yang selalu menyediakan teknologi dan server yang diperlukan agar situs dapat diakses secara online melalui internet. Pada umumnya, web hosting tersedia dalam empat jenis utama.

Semuanya bekerja secara berlainan dan harus memenuhi persyaratan yang berbeda-beda. Jika anda penasaran dengan jenis-jenis web hosting, langsung saja simak penjelasan kami dibawah ini.

Apa Itu Web Hosting?

Web hosting atau hosting merupakan sebuah layanan untuk menyimpan file dan data website supaya bisa online di internet dan mudah diakses oleh siapapun. Web hosting ibaratnya sebagai rumah bagi website anda, sehingga semua orang bisa mengunjunginya dari mana saja. Lalu, apa saja jenis-jenis web hosting?

Jenis Website Hosting

Setiap penyedia jasa web host, masing-masingnya selalu menawarkan jenis hosting yang berbeda karena disesuaikan dengan kebutuhan dan keinginan klien. Berikut contoh hosting yang sering digunakan:

  • VPS ( Virtual Private Hosting ) Hosting
  • Shared hosting
  • Cloud hosting
  • Dedicated server hosting
  • WordPress hosting

Apabila website semakin berkembang di dunia teknologi, maka akan semakin besar pula space yang nantinya anda butuhkan. Mulailah mengonlinekan website anda pada paket dasar shared hosting.

Apabila kunjungan website anda sudah mulai ramai, silakan untuk mengupgradenya pada hosting yang lebih tinggi. Karena biasanya penyedia web hosting menawarkan lebih dari satu paket hosting setiap jenis konten. Berikut beberapa penjelasan jenis-jenis web hosting.

1. Dedicated Hosting

Dengan adanya dedicated hosting, maka anda akan memiliki server fisik pribadi khusus untuk situs anda. Karena itulah mengapa penggunaan dedicated hosting sangat fleksibel. Bahkan anda juga dapat mengonfigurasikan suatu system operasi dan juga software yang ingin anda gunakan.

Beserta setup keseluruhan aspek hosting sesuai dengan kebutuhan anda. Dengan menyewa dedicated server sama bagusnya memiliki server sendiri. Tetapi, pada dedicated server anda bisa mendapatkan bantuan dari customer support yang handal.

2. Cloud Hosting

Cloud hosting merupakan suatu layanan hosting yang menggunakan beberapa server virtual untuk mengonlinekan website anda. Jika satu server sedang bermasalah atau down, maka server lain akan tetap menjaga website tetap online dan dapat diakses. Tipe hosting tersebut sangat cocok untuk website besar, contohnya situs eCommerce.

3. WordPress Hosting

WordPress hosting sendiri merupakan bentukan lain dari shared hosting, khusus untuk pengguna website wordpress. Server selalu dikonfigurasi secara khusus untuk wordpress dan tersedia beberapa plugin siap pakai untuk berbagai hal, seperti keamanan dan caching.

Karena konfigurasinya sangat optimal, maka situs anda akan cepat loading dan terhindar dari berbagai masalah. Biasanya paket wordpress hosting telah menyertakan fitur tambahan terkait dengan wordpress. Untuk tema wordpress yang pre-designed, drag-and-drop page builder, dan tool developer yang spesifik.

4. Shared Hosting

Shared hosting merupakan tipe layanan hosting paling murah dan paling popular tentunya. Jenis paket yang satu ini sangat cocok untuk web atau blog yang sederhana. Apabila anda bertanya apa itu web hosting, kemungkinan user akan merujuk pada shared hosting.

Dengan shared hosting, anda akan berbagi server dengan klien lainnya pada provider hosting yang sama. Sebuah website yang dionlinekan pada server yang sama dan berbagai semua resource, seperti computing power, disk space, memori dan lain sebagainya.

5. VPS Hosting

Jika anda memilih menggunakan VPS ( virtual private server ) hosting, anda masih saja berbagi server dengan pengguna lainnya. Namun, penyedia web hosting telah mengalokasikan beberapa bagian untuk anda sendiri pada server.

Hal ini berarti anda telah mendapatkan space server yang sangat dedicated dan memperoleh sejumplah power memory dan computing. Selain itu, VPS hosting sangat tepat bagi pengguna website bisnis yang trafficnya sangat tinggi.

Penutup

Itulah pembahasan kali ini tentang jenis-jenis web hosting. Perlu anda ketahui, bahwa tidak semua penyedia web hosting menyediakan semua tipe tersebut. Umumnya mereka hanya menyediakan shared server dan VPS, sebab pangsa pasarnya jauh lebih banyak.

Order Sekarang !