Penting! Inilah Fungsi SEO On Page dan SEO Off Page Untuk Website

Fungsi SEO On Page dan SEO Off Page Untuk Website – SEO on page dan SEO off page sebagai teknik optimasi halaman website yang perlu dilakukan oleh setiap pemilik website. Halaman website Anda akan sulit untuk masuk ke penelusuran Google bila SEO on page dan SEO off page tidak diterapkan dengan baik, atau hanya menerapkan salah satunya saja.

SEO atau Search Engine Optimization adalah suatu teknik yang dipakai untuk meningkatkan trafik web dan ada dalam penelusuran mesin pencari, khususnya Google. Penerapan teknik SEO yang tepat tidak hanya mampu meningkatkan trafik web, namun membuat brand awareness dan memperluas pasar.

Ada 2 teknik SEO yang dapat digunakan, yaitu SEO on page dan SEO off page. Untuk mengetahui bedanya, berikut beberapa fungsi SEO on page dan fungsi SEO off page.

Fungsi SEO on Page

SEO on page ialah teknik memaksimalkan lalu lintas organik suatu halaman website supaya terlacak di halaman pertama mesin pencari dengan optimasi konten artikel. SEO on page mempunyai fungsi berbeda dengan SEO off page. Beberapa fungsi SEO on page, di antaranya:

Meningkatkan Kecepatan Website

Kecepatan dalam membuka sebuah halaman website adalah nilai tambah untuk website. Website yang mempunyai kecepatan loading bagus akan lebih digemari pembaca. Dan website dengan kecepatan loading lama alias lambat kurang diminati, bahkan bisa saja membuat audiens malas mengunjungi website tersebut di lain waktu

Kecepatan website punya pengaruh dalam peringkat tracking Google. Semakin cepat kecepatan akses website, semakin mudah juga website Anda tampil di halaman pertama pencarian Google. SEO on page otomatis bisa membantu meningkatkan kecepatan website.

Memudahkan Proses Marketing atau Pemasaran

Konten yang baik akan menarik pembeli dari pasar online. Pemilihan kata, penyusunan kata, dan korelasi antara kalimat dalam artikel akan menentukan ketertarikan pembeli. Karena itu, upayakan menulis artikel yang bagus dan nyaman untuk dibaca.

Meningkatkan Brand Awareness

Fungsi SEO on page lainnya ialah membuat brand awareness dan brand’s voice. Semakin baik pengaturan SEO on page, brand Anda akan semakin dikenal dan apa yang Anda jual ke publik lewat website akan semakin mudah laris. Karena itu, perhatikan dalam kualitas penulisan artikel. Buatlah judul yang menarik dan mengandung kata kunci tertarget atau keyword yang mempunyai jumlah penelusuran yang tinggi.

Fungsi SEO Off Page

SEO off page adalah suatu teknik untuk memaksimalkan halaman website yang dilakukan di luar website. SEO off page dilakukan supaya website Anda ada di halaman teratas penelusuran Google.

Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk optimasi off page SEO, seperti meningkatkan domain authority lewat strategi link building, membuat back-link berkualitas, atau aktivitas optimasi eksternal website yang lain. Salah satunya lewat sosial media. Memang SEO off page bisa lebih maksimal bila dipromosikan ke sosial media atau situs lain.

Fungsi SEO off page dan SEO on page berbeda. Ada banyak fungsi SEO off page, di antaranya:

Memperkenalkan Website ke Khalayak

SEO off page fokus pada usaha yang optimal untuk mempromosikan halaman website dengan jangkauan pasar yang lebih luas. Karena itu, Anda perlu melakukan promosi memakai tools, sosial media, dan lainnya. Misalkan, saat ada artikel baru di website, Anda dapat mengirim link artikel tersebut ke Facebook, Instagram, Twitter, dan platform online lain. Dengan demikian, website Anda akan lebih mudah dikenal banyak orang.

Meningkatkan SERP

SERP atau Search Engine Result Pages adalah halaman hasil penelusuran mesin pencari. Semakin tinggi SERP, semakin mudah website Anda untuk masuk di halaman pertama mesin pencari. Apabila sudah masuk di halaman pertama, maka kemungkinan besar website Anda semakin lebih banyak dibuka pengguna internet daripada website yang ada di halaman kedua dan seterusnya. Fungsi SEO off page cukup berperan untuk meningkatkan SERP.

Meningkatkan Page Rank

Page Rank menjadi ukuran numerik yang diberikan Google untuk setiap halaman website. Page Rank dihitung berdasarkan jumlah dan kualitas link ke setiap halaman website. Angka Page Rank yang diberi Google yaitu 0 sampai 10.

Penutup

Secara singkat, bisa diambil kesimpulan jika SEO on page ialah teknik optimasi halaman website lewat artikel, dan SEO off page lewat elemen lain di luar artikel. SEO on page dan SEO off page adalah satu kesatuan tidak terpisahkan yang perlu dilakukan keduanya.

Order Sekarang !