Perbedaan Domain Dengan Hosting Pada Website, Beserta Penjelasannya

Perbedaan Domain Dengan Hosting Pada Website – Apabila anda memiliki website dan pernah membaca artikel tentang panduan membuat website. Pasti sudah tidak asing dengan domain dan hosting, karena keduanya merupakan sebuah elemen penting pada website. Meskipun keduanya cukup penting, anda jangan sampai salah. Tentu saja ada perbedaan yang harus anda ketahui.

Banyak sekali pertanyaan tentang perbedaan domain dan hosting. Sebenarnya apa saja perbedaan domain dan hosting? Mengapa ketika membuat website memerlukan hosting dan domain? apakah bisa jika membeli salah satu saja? Lalu penting mana, domain atau hosting? Mungkin itulah beberapa pertanyaan dari para blogger pemula yang masih bingung.

Karena tidak semua orang mengetahui tentang domain dan hosting, hal ini dikarenakan tidak semua orang menggunakan website dan paham dengan website. Jadi, tidaklah heran apabila nama domain dan hosting sedikit asing. Apalagi bagi anda yang masih pemula dan baru saja ingin membuat website.

Perlu anda ketahui, bahwa domain dan hosting adalah suatu komponen utama di dalam pembuatan website. Tanpa adanya domain dan hosting, website yang anda miliki tidak dapat di akses dan tidak dapat online.

Maka dari itulah, penggunaan keduanya antara hosting dan domain sangatlah penting. Agar anda tidak kebingungan dan penasaran dengan perbedaan domain dan hosting, kami akan menjelaskan secara detail dibawah ini.

Perbedaan Domain dan Hosting Pada Website

Pengertian Domain

Domain adalah nama atau alamat dari suatu website. Keberadaan domain juga tidak kalah penting dengan hosting. Karena tanpa adanya domain, website tidak akan mempunyai nama. Lalu, bagaimana seseorang akan berkunjung ke website anda jika website tersebut tidak memiliki nama? Dan apa yang akan mereka klik di search engine? Haruskan orang tersebut membuka website dengan IP address?

Tentu saja sangat tidak mungkin. Maka dari itu, adanya domain untuk melengkapi hosting. Domain memang harus digunakan untuk memberikan nama alamat di dalam website anda. Terdapat dua jenis domain yaitu domain gtld ( domain global ) dan domain cctld ( domain id ).

Domain gltd adalah domain global yang tidak memiliki syarat apapun. Contoh domain gltd seperti : .com, .net, .org dan sebagainya. Sedangkan domain cctld  adalah domain indonesia (id). Domain id diatur oleh PANDI, beberapa contoh domain id seperti: .co.id, .my.id, .id dan sebagainya.

Domain cctld sangat berbeda dari doman gtld, karena cctld memiliki suatu syarat tertentu yang memang sudah dikeluarkan oleh PANDI. Keduanya dapat anda pesan dalam jangka waktu untuk berlangganan selama 1 tahun.

Pengertian Hosting

Hosting adalah suatu tempat untuk meletakkan file website. Kami akan menjelaskan secara simpel, jika website anda diibaratkan adalah bangunan rumah, hosting yang menjadi kavling tanah yang telah di petak-petak untuk dibangunnya rumah. Sedangkan domain adalah nama alamat dari bangunan atau rumah anda.

Fungsi hosting yaitu sebagai tempat penyimpanan atau media untuk menyimpan segala file yang ada pada website. Hal ini bertujuan agar website anda nanti dapat diakses oleh siapapun, dimanapun dan kapanpun. Semua file yang berada di dalam website harus tersimpan dalam sebuah server hosting.

Server hosting itu sendiri tentu saja harus full selama 24 jam, jika server sedang down maka website tidak dapat diakses. Maka dari itu, pastikan website anda diletakkan pada hosting terbaik dengan memiliki garansi 99,9% uptime. Saat anda sudah mempunyai hosting, maka nantinya akan mendapatkan akses cPanel Hosting.

cPanel hosting merupakan kontrol panen untuk pengelolaan hosting. dan juga domain seperti membuat subdomain, melakukan hosting web, mengelola SSL, melakukan domain forwarding, mengatur kapasitas hosting, membuat email domain, dan sebagainya.

Penutup

Demikian itu adalah perbedaan domain dan hosting pada website. Semua orang bebas memilih nama domain yang ingin dimiliki. Perlu diperhatikan, satu nama domain hanya bisa digunakan oleh 1 pengguna saja. Untuk sifat domain sendiri tidak dapat di keep atau di booking. Jadi, jika sudah cocok langsung klik pesan. Selanjutnya akan dimintai pembayaran. Pastikan anda sudah mengetahui nama domain yang dingin digunakan sebelum order. Jika sampai salah, maka tidak dapat di refund.

Order Sekarang !