Sumber Penghasilan dari Profesi Blogger

Sumber Penghasilan dari Profesi Blogger – Dari mana sumber penghasilan blog?, Sumber penghasilan di blog yang utaman salah satunya adalah berasal dari iklan. Setelah selesai membuat dan membangun sebuah website atau blog, baik secara konten artikel ataupun pembacanya.

Selanjutnya adalah Anda harus mengenal beberapa sumber penghasilan utama dari seorang blogger. Lantas, dari mana sumber penghasilan dari blog itu.?

Sumber Penghasilan dari Blogger

Berikut backlinksatu.com merangkum beberapa sumber penghasilan dari seorang blogger :

1. Pendapatan dari Iklan

Salah satu penghasilan yang bersumber dari blog biasanya berasal dari iklan yang kita pasang. Prinsipnya sama seperti Koran maupun majalah yang menjual kolom iklan.

Semakin tinggi traffic blog yang Anda bangun, maka semakin mahal pula bayaran ruang iklan pada halaman blog Anda. Salah satu tips yang perlu Anda jalankan adalah dengan mendaftarkan pada platform iklan Google AdSense untuk meningkatkan traffic blog Anda.

2. Pendapatan dari Afiliasi

Afiliasi yang dimaksud dalam dunia blogging adalah menjadikan sebuah konten artikel yang Anda tulis untuk mengarahkan pembaca agar mau membeli, menggunakan, dan melihat produk yang dijual di situs website lain. Jika Anda beruntung dan seseorang mengunjungi tautan atau link website yang Anda tulis dan melakukan pembelian terhadap tulisan Anda.

Makan, akan ada komisi sesuai kesepakatan antara kedua belah pihak antara pengiklan dan penyedia iklan. Jika Anda memiliki pembaca atau viewer yang setia, kemungkinan pembaca blog Anda akan mengikuti rekomendasi yang sudah Anda buat sangat besar tersebut.

3. Mengadakan event

Mengadakan event bagi para komunitas blogger pemula tidak harus dalam skala besar. Bagi Anda yang sudah memiliki pembaca setia, Anda bisa saja mengundang pembaca ke dalam event dan juga menetapkan tarif.

Dari sinilah Anda bisa mendapatkan pemasukan tambahan dari blog. Bagi Anda yang belum pernah membuat event blogger sendiri, Anda bisa memulainya dengan event pertemuan antar blogger atau pembaca dalam skala kecil terlebih dahulu. Selain mendapatkan income dari harga tiket, Anda juga bisa mencari sponsor event yang Anda buat tersebut.

4. Recurring Income

Nah, yang dimaksud recurring income yaitu dengan cara menerapkan keanggotaan program atau loyalty program. Artinya adalah untuk member tertentu, mereka dapat mengakses konten premium yang tidak di dapatkan oleh anggota regular atau mereka yang tidak berbayar.

5. Jasa atau layanan

Selain memasang iklan, blog yang Anda kelola juga bisa digunakan untuk menawarkan jasa atau layanan. Misalnya jasa konsultasi, pelatihan, penulisan, desain, sampai layanan-layanan lain yang memiliki sifat freelance.

Lebih mudahnya lagi Anda tidak akan mendapatkan potongan komisi jika client langsung menghubungi Anda. Berbeda hal jika Anda menjadi freelancer, dengan memakai pihak ketiga.

6. Produk

Produk-produk yang biasanya di jual oleh blogger yaitu berupa buku atau barang-barang yang sifatnya tidak terlalu jauh dari kegiatan blogging. Produk buku memang termasuk cukup memakan waktu, karena harus dipikirkan dengan sangat matang.

Namun keuntungannya jika Anda memasarkan sendiri lewat blog pribadi yang Anda kelola, buku yang Anda jual tidak akan dikenakan margin. Tidak sama halnya jika Anda menjual buku melalui sistem konsinyasi di toko buku.

Penutup

Demikian artikel di atas mengenai Bagaimana cara blogger menghasilkan uang? Berikut penjelasannya. Semoga informasi di atas bisa bermanfaat bagi pembaca.

Order Sekarang !